Penemu Benua Amerika

Seorang guru bertanya kepada siswanya : “siapakah yang pertama menemukan benua Amerika?” Sontak semua siswa mengacungkan tangan kecuali satu orang yang tidak menunjukkan tangannya.

Tentu semua siswa akan menjawab “Christopher Columbus dari spanyol yang berdarah Italia yang perama kali menemukannya.

Tapi satu orang siswa menjawab dengan panjang lebar dan mematahkan jawaban temen-temennya itu keliru. Pemutarbalikan fakta sejarah ! Benua Amerika daratan yang ukurannya dua kali luas daratan Benua Afrika itu baru ditemukan manusia pada tahun 1492 Masehi, MUSTAHIL. kemana saja manusia selama ribuan tahun sebelumnya? Ketika Columbus tiba di benua itu untuk pertama kalinya, ia menemukan sekelompok manusia sudah bermukim di sana, Suku Indian. Apakah itu yang disebut penemuan?

Tujuh puluh tahun sebelumnya, seorang penjelajah muslim telah lebih dulu menemukan benua itu, Laksamana Cheng Ho. Dua ratus tahun sebelumnya seorang saudagar muslim juga sudah menemukan benua itu, Sultan Abu Bakari.  Dan bahkan jauh sebelum itu, seribu tahun sebelumnya, penjelajah muslim lain telah lebih dulu menemukannya pada tahun 889 Masehi, Khaskhas bin Sa’id.

Sang guru membenarkan penjelasan siswanya. dia berkata ” sejarah  adalah milik penguasa, siapa berkuasa merekalah yang menentukan sejarah”. dijelaskannya lagi bahwa Ketika peradaban Islam terkubur semenjak kekalahannya dalam perang salib, maka sejarah itu ikut terkubur bersama mereka. kemudian sejarah itu dicatat lagi dengan peristiwa yang persis sama, namun dengan pelaku dan tokoh yang berbeda, tergantung siapa yang menulisnya, tentu kita tahu siapa yang memenangkan peperangan itu.

Siswa pun bertanya, lalu untuk apa mempelajari sejarah. Sang guru menjawab : BANYAK. Sejarah bukan hanya cerita yang berlalu tanpa faedah, namun sejarah adalah pemutaran roda kehidupan. Dalam sejarah berbagai hasil karya manusia tercatat.

Akan tetapi ingat! sejarah bukan data baku yang mesti diterima apa adanya, namun harus dengan pemikiran kritis, karena sejarah juga bisa berdampak buruk ketika ditulis untuk sebuah kepentingan. Dengan memutarbalikkan fakta, jutaan orang akan memahami sesuatu secara terbalik dan berakibat fatal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: